Tuesday, July 23, 2013

Aturan Main Mengganti Velg Juga Ada


Velg dengan mobil tidak dapat dipisahkan. Dan, suka atau tidak penampilan standar mobil dapat terdongkrak penampilannya hanya dengan mengganti velg aftermarket. Nah, bila cara tersebut menjadi pilihan Anda agar mobil tampak berbeda dari pengguna lain, jangan terburu-buru mengambil keputusan, sebab subtitusi velg juga ada aturan mainnya.

Cukup banyak dijumpai para pemilik mobil (baca; kaum awam) ingin mengganti velg standar pakai aftermarket hanya berdasarkan motif yang disuka, padahal ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar kenyamanan selagi berkendara tetap optimal. Misalnya, ukuran (diameter pcd, jumlah lubang, offset) dan juga material velg itu sendiri.
Di pasaran saat ini terdapat lebih dari ratusan model, ukuran velg aftermarket dalam hal ini biasa disebut dengan istilah velg racing. Banderolnya juga bervariasi tergantung ukuran, asal produk serta motif.
“Memilih velg yang tepat untuk mobil, harus bijaksana dalam mengambil keputusan, agar tidak menyesal kemudian. Lalu ada baiknya konsultasi dahulu dengan pakarnya ataupun si penjual,” kata Lilik pemilik gerai velg dan ban dari JP Racing di Jln. Panjang Arteri Kedoya Raya No.4A, Jakbar.

Tiap velg mobil memiliki ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) yang berlainan. Ukuran PCD velg ditetapkan dari jarak antara lubang baut satu dengan yang lainnya. Ukuran PCD ini dapat dilihat pada spesifikasi yang tertera di velg misalnya pada velg tertulis 4×100 berarti velg terdiri dari 4 hole dengan PCD 100 mm. Velg model racing juga ada yang menawarkan double PCD artinya bisa digunakan untuk dua model PCD yang berbeda.
Lalu yang kedua offset adalah ukuran jarak antara bagian dalam tengah velg dengan permukaan mounting (dudukan) velg pada kaki-kaki mobil. "Gambaran umum yang mudah dimengerti, offset itu merupakan ukuran keluar atau masuknya velg dari fender atauspatbor mobil,” lanjut Lilik menjelaskan.

Ketiga, terkait ukuran atau diameter velg. Perlu diketahui tiap mobil itu memiliki diameter velg hingga maksimal, jadi pastikan tidak lebih dari batasan tersebut. Untuk itu bila Anda ingin memutuskan mengganti dengan ukuran lebih besar dari bawaan mobil sebaiknya peningkatan hanya naik 2 inchi, misal velg standar berukuran R16 inchi maka jumlah kenaikan yang masih dapat ditoleransi adalah penggunaan R 18 inchi.
Velg aftermarket memiliki material yang beraneka macam. Umumnya terbuat dari jenis logam ringan sebut saja billet steel, forged alloy, atau magnesium. Velg dari bahan tersebut memiliki berat utuh yang lebih ringan dibandingkan velg standar yang umumnya terbuat dari material baja (lebih berat).
Dengan menerapkan velg lebih ringan di mobil Anda, diyakini bisa mengurangi bobot keseluruhan mobil tanpa mengesampingkan daya tahan velg itu sendiri. Dengan keseluruhan nilai berat mobil yang berkurang tadi otomatis berpengaruh juga pada kerja mesin yang tidak terlalu berat dalam memutar roda. (Andhy)

1 comment:

  1. PROMO FREE DIAMOND 50.000
    AYO GABUNG DI INDOMONOPOLY DAN JADI MILYONER BARU DI INDONESIA!
    kunjungi web kami website http://bit.ly/1QULFBI
    Kunjungi juga blog kami http://idrmonopolyindo.blogspot.com

    ReplyDelete

Bantuan Promo Mobil