PT Ford Motor Indonesia (FMI) hari ini di hadapan media cetak dan elektronik memperkenalkan kemampuan dan keunggulan dari mesin EcoBoost 1.0 liter. Mesin terlawas itu memperkenalkan cara kerja mesin 1.6 liter konvensional namun dengan perbaikan signifikan dalam efesiensi bahan bakar dan emisi karbon dioksida. EcoBoost 1.000 cc nantinya akan dipasangkan pada New Ford Fiesta sebagai edisi varian Fiesta yang kini masih beredar di Tanah Air.
“Kami ingin segera menghadirkannya kepada publik Indonesia,” kata Bagus Susanto Managing Director PT Ford Motor Indonesia di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Karet Kuningan, Jaksel (17/12/2013). Bila tidak ada kendala New Ford Fiesta dengan mesin baru isi 1.000 cc, 3 silinder, (120 PS, 170 Nm) yang diklaim memiliki tenaga setingkat dengan mesin 1.600 cc ini bakal meluncur pada 2014 di Jakarta. Teknologi Ford EcoBoost menyambungkan direct fuel injection, turbocharging dan variable valve timing dengan model block mesin yang kecil untuk menghasilkan penghematan bahan bakar hingga 20 persen disamakan model mesin besar tanpa kehilangan cara kerja. “Dimensinya cukup kecil sehingga dapat dimasukkan ke dalam bagasi kabin pesawat,” tambah Bagus. Di samping itu, beberapa kelebihan EcoBoost seperti timing belt mesin yang direndam dalam pelumas, diklaim mengurangigesekan dan menurunkan kebisingan dibandingkan dengan sabuk kering. Sabuk atau belt tidak pernah perlu diganti karena mampu bertahan hingga jarak pemakaian 200.000 km dengan demikian menurunkan biaya kepemilikan. Kehandalannya tak perlu diragukan sebab mesin terkecil dari keluarga Ford EcoBoost tersebut sudah mengantongi berbagai penghargaan tingkat international selama dua tahun berturut-turut. Sebut saja, gelar sebagai Best Engine Under 1.0 liter, lalu International Paul Pietsch Award 2013 untuk inovasi teknologi di majalah Jerman Auto Motor und Sport Best Cars Awards dan Dewar Trophy dari Royal Automobile Club di Inggris serta Breakthrough Award dari majalah Popular Mechanics di Amerika Serikat.(One)
0 comments:
Post a Comment